11 September 2008

Pemberian Hadiah Sastra Rancage

Para penggemar sastra, terutama sastra yang bernuansa etnis seperti sastra sunda, sastra jawa dan sastra Bali udah ga asing lagi dong dgn yg namanya Rancage., itu tuh pemberian hadiah yg diberikan kepada sejumlah sastrawan yg menulis karya sastra dalam bahasa Sunda, Jawa dan Bali yg ditumbuh kembangkan oleh penyair Ajip Rosidi.
Menarik juga ya para sastrawan yg masih setia menggunakan "bahasa ibu" ditengah derasnya sastra2 nasional atau bahkan asing yg membanjiri pasar buku sastra di Indonesia. Ya! Merekalah yg melestarikan bahasa ibu/daerah agar nggak punah.
Ada kawanku yg nyunda dan gemar bikin Cerpen, coba klo cerpen2nya itu dibukukan, sapa tau bisa dapat hadiah Rancage dan kemudian dpt royality (bisa ditraktir nih!) Ya kayak Rukmana HS penulis sastra Sunda yg meraih Rancage melalui kumpulan cerita pendeknya yg berjudul Oleh-oleh pertempuran, terus Ahmad Tohari dapat Rancage lewat novel Rongging Dukuh Paruk Banyumasan untuk penulisan sastra Jawa dan I Made Suarsa juga dapat Rancage lewat kumpulan cerita pendek Gede Ombak Gede Angin untuk penulisan sastra Bali. Pemberian Rancage itu mereka dapatkan pada tahun 2007 yg lalu.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...