17 February 2014

5 Negara Yang Melarang Perayaan Valentine

Berikut ini adalah daftar negara-negara yang melarang warganya merayakan hari valentine dengan berbagai alasannya:

1. Arab Saudi
Di negara ini bahkan beberapa hari sebelum valentine telah dilakukan pelarangan pada toko-toko untuk menjual berbagai pernik dan aksesoris yang berwarna merah atau pink dengan tema valentine. Pejabat polisi syari'ah di Arab Saudi akan menyita benda-benda tersebut jika kebetulan ditemui dalam pemeriksaan yang mereka lakukan. Bahkan bunga mawar merah pun tak diperbolehkan dijual pada saat mendekati, hingga berlalunya valentine.

2. Iran
Di negara ini, semua simbol valentine, produk dengan gambar hati, mawar merah, dan lainnya yang mempromosikan valentine dilarang beredar. Jika ada yang melanggar, maka hukuman akan dijatuhkan. Ini adalah tindakan dalam upaya membendung makin banyaknya generasi muda Iran yang turut memperingati hari kasih sayang ala Barat tersebut.

3. Uzbekistan
Sebagai ganti perayaan valentine, warga Uzbekistan diminta untuk memperingati hari ulang tahun kaisar Moghul Babur. Kebetulan kaisar Moghul lahir di tanggal yang sama yaitu 14 Februari.

4. Kirgizstan
Hari valentine dianggap merupakan pengaruh buruk bagi moralitas generasi muda, sehingga dilarang di negara ini. Kepala departemen pendidikan negara ini bahkan memerintahkan kepala sekolah yang ada untuk melarang beredarnya berbagai kartu ucapan valentine di sekolah.

5. Malaysia
Negara tetangga kita ini juga banyak melakukan kampanye pelarangan dan penjelasan mengenai haramnya memperingati valentine di berbagai sekolah di negara tersebut.


Sementara di Indonesia yang mayoritas muslim, perayaan valentine begitu mudah dilaksanakan, peran media mainstream yang sering mempromosikan valentine menjadi faktor utama yang mempengaruhi masyarakat Indonesia. Hmm.. sungguh hal yang mengkhawatirkan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...